Monday, October 31, 2011

Tak Jelas Penyebabnya, Seekor Komodo di Kebun Binatang Surabaya Mati

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA--Seekor komodo betina koleksi Kebun Binatang Surabaya (KBS), mati tanpa diketahui secara jelas penyebabnya. "Kematian komodo pada Minggu (23/10) malam sekitar pukul 23.00 WIB begitu mendadak, kami sebelumnya tidak mengetahui ada tanda-tanda satwa tersebut sakit," kata Humas KBS Anthan Warsito saat dihubungi melalui ponselnya dari Surabaya, Senin.

Menurut dia, pihaknya hingga kini masih melakukan otopsi atas komodo berumur delapan tahun yang tewas itu. Dugaan sementara komodo tersebut mati karena infeksi kandung telur. Namun dugaan tersebut masih perlu dilakukan pemeriksaan lebih dalam. "Kami akan melakukan pemeriksaan secepatnya," ujarnya.
Menurut pengakuan Anthan, pihak KBS sebelumnya tidak mengetahui jika komodo tersebut sakit, atau ada tanda-tanda sedang mengidap penyakit. Sebab kondisi komodo dan polah tingkahnya selama ini normal-normal saja."Hewan liar tersebut tak menampakkan penyakitnya," ungkapnya.
Saat ditanya lebih jauh soal kematian komodo, Anthan seolah-olah menghindar dan tidak menjawab dengan jelas. Ia mengaku sedang rapat di luar kota. "Maaf ya nanti telepon lagi. Sekarang saya sedang rapat di Bogor," katanya.
Sementara itu, menurut dokter hewan KBS Yassi Arie Lissia, penyebab pastinya komodo KBS ini menunggu hasil tes laboratorium. Bangkai hewan melata tersebut saat ini sudah dikirim ke laboratorium. "Setelah dilakukan pengambilan sampel selesai, bangkai komodo langsung dikremasi," jelasnya.
Kepala Perawat Reptil dan Aves KBS Siswanto mengatakan, komodo yang mati tersebut ditemukan sekitar pukul 23.00 WIB pada Minggu malam (23/10). Komodo itu ditemukan diam tak bergerak oleh keeper (perawat) satwa.
"Komodo ini merupakan hasil penangkaran KBS sendiri, dan sudah dua kali bertelur. Jadi total komodo yang dimiliki KBS saat ini jumlahnya tinggal 60 ekor," kata Siswanto.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates