Saturday, August 20, 2011

Dua Siswi Bandung Ciptakan Robot Pengukur Udara


INILAH.COM, Bandung - Michelle Emmanuella (15) dan Jacelyn Olivia (13), dua siswa binaan Next System; Robotic Learning & Experience System berhasil menciptakan robot yang mampu mengukur kualitas udara.

"Konsep awal dari pembuatan robot ini adalah ikut kontribusi dalam penerapan Go Green di Kota Bandung dan bentuknya dengan mengukur kualitas udara," ungkap Managing Director Next System; Robotic Learning & Experience System Christianto Tjahyadi saat ditemui wartawan di ITC Kosambi, Jalan Baranangsiang Kota Bandung, Senin (27/6/2011).

Robot yang diberi nama Green Bird ini dilengkapi dengan sensor yang mampu mendeteksi gas-gas berbahaya bagi manusia, di antaranya, asap kebakaran, knalpot, elpiji, propana, dan karbon monoksida.

Selain itu, kelebihan lain dari robot Green Bird ini yakni menggunakan material lokal, mulai dari bodi, hingga material lainnya. "Yang menggunakan bahan impor hanya sensor karena kita sendiri masih sulit untuk membuatnya," tambahnya.

Robot Green Bird ini merupakan robot prototipe dan bisa diaplikasikan di dalam kehidupan manusia. Biaya untuk pembuatan robot ini sendiri tergolong cukup murah dengan menghabiskan dana sekitar Rp500 ribu.

"Untuk ke depan kita akan menambah kecerdasan robot. Di antaranya dengan menambah sensor gerak sehingga robot terhindar tabrakan, kemudian hasil pemantauan robot terkait kadar udara bisa dikirim dari robot ke komputer," tandasnya. [gin]

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates